Loning Desa Agraris, Pemerintahan Agraris?

Desa Loning adalah desa agraris sebab terletak di dataran rendah, dimana wilayah untuk areal pertanian lebih luas dibanding rumah penduduk, sehingga mayoritas penduduknya bercocok tanam padi.
Leluhur kita sudah mewariskan pemerintahan desa yang sangat luar biasa dengan sistem pemberian kompensasi / gaji / upah aparat desa berupa tanah bengkok.
Hal ini bukan karena dahulu tidak ada uang, tetapi dikandung maksud agar aparat pemerintah desa menyatu dengan warga.  
Kalau aparat pemerintah desa menggarap tanah bengkok maka secara langsung dalam kehidupan sehari-hari akan berinteraksi dengan masayarakat, sehingga permasalahan yang berkembang di warga  akan segera diketahui dan dirasakan juga oleh aparat pemerintah desa Loning.
Yang menarik dari aparat pemerintah desa Loning adalah, berapa banyak yang menggarap tanah bengkok-nya sendiri?
Lalu karena alasan menjaga status sosial  yang mencengkeram aparat desa Loning sehingga aparat desa Loning menyewakan tanah bengkok kepada warga?
Tentang tanah bengkok yang tidak digarap sendiri, aparat desa yang pintar pun terkadang lalai dan menjadi tidak responsif dengan permasalahan warga seperti hama tikus, wereng, busuk daun dan irigasi sawah yang setiap musim tanam menjadi masalah pelik.
Menanam padi

Lantas kesalahan ada pada warga atau aparat pemerintah?

Jangan-jangan aparat pemerintah desa Loning berlindung dibalik kewenangan ulu-ulu yang bertugas mengatur permasalahan pertanian sehingga aparat desa Loning menjadi tidak responsif terhadap permasalahan warga?

atau jangan-jangan warga juga sudah apatis terhadap aparat pemerintahan desa karena perbedaan status sosial.
Masih ada harapan dengan terpilihnya kepala desa Loning Desember 2012 kemarin untuk menata pemerintahan Desa Loning agar lebih responsif menangani permasalahan warga.
Mudah-mudahan dengan kepala desa yang baru Budaya gotong royong untuk gropyokan tikus, keja bakti membersihkan saluran air tidak sirna.
Semoga pemerintahan desa Loning masih pemerintahan agraris.

4 komentar:

  1. Sip gan.. Informasinya sangat bermanfaat, mari pelajari soal psikotes untuk menembus lowongan kerja bumn.

    BalasHapus
  2. Bagus sekali artikelnya. Berikut ini ada tips melamar pekerjaan:
    Sebelum melamar pekerjaan ketahuilah bahwa pewawancara lebih tertarik pada isi dan design cv yang menarik. Lihatlah Contoh CV yang benar dalam membuat cv anda. Pertanyaan wawancara juga mengacu pada jawaban soal psikotes yang anda karjakan,

    Perhatikan juga contoh surat lamaran kerja yang benar.

    BalasHapus
  3. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:

    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja serta Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. dapatkan juga soal Psikotes untuk Wawancara Kerja. Dapatkan juga Soal Psikotes untuk Penerimana TNI dan POLRI
    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Flash disk rusak jangan panik dulu coba baca artikel Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca mungkin dapat membantu.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    BalasHapus

Blog Archive Loning News

Followers Loning News