Mushola Baitul Khafidzin

Mushola Baitul Khafidzin berlokasi di RT 015 RW 002 Dusun Kedemungan Desa Loning Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Propinsi Jawa Tengah.
Dilihat dari sisi bangunan Mushola Baitul Khafidzin kecil tetapi sudah bagus dan bersih, lantai yang terbuat dari keramik, dan atap yang memakai Gipsum.
Mushola Baitul Khafidzin Silakan  :
Kegiatan yang menonjol dari Mushola Baitul Khafidzin adalah setiap hari Sabtu malam atau malam Minggu diadakan Tahlil Rutin. Beranggotakan lebih kurang 30 orang tahlilan ini sudah cukup lama berjalan. Awalnya tahlilan ini diadakan di rumah masing-masing anggota yang mendapat giliran, tetapi sejak tahun 2011 tahlilan ini diadakan di Mushola Baitul Khafidzin. Khusus pengajian Ibu-ibu diadakan setiap kamis malam atau malam jum'at yang mengkaji tentang Ibadah dibimbing oleh tokoh H. Nur Khabid al Mukti. Sedangkan untuk setiap hari saat siang sampai sore hari kegiatan yang berjalan adalah pengajian anak-anak yang belajar membaca al qur'an dipandu ustadz dan ustadzah.
Pengajian Anak Silakan :
Ciri khas dari Mushola Baitul Khafidzin adalah saat Idul Fitri, adanya tradisi sehabis sholat ied di Masjid Jami al Kautsar masyarakat sekitar Mushola Baitul Khafidzin dan Jamaah Mushola Baitul Khafidzin mengadakan tahlil bersama. Sehabis acara tahlil bersama diadakan acara makan bersama dimana masyarakat dan jamaah membawa lonntong dan ketupat serta sayur untuk dimakan bersama (biasanya saling bertukar makanan).
Mushola Baitul Khafidzin Silakan  :
Biarpun Mushola Baitul Khafidzin tergolong kecil tetapi sudah memiliki Muadzin, untuk kesejahteraan Muadzin Mushola Baitul Khafidzin memiliki tanah wakaf berupa sawah yang terletak disebelah barat dusun Kedemungan dibelakang SD 5 dan 7 Loning untuk digarap oleh muadzin. Memang jauh dari sejahtera, tetapi minimal ada perhatian dari Mushola Baitul Khafidzin untuk muadzin.
Kita berharap agar kegiatan di Mushola Baitul Khafidzin tetap lestari dan semakin berkembang untuk dimasa yang akan datang dan para calon dermawan yang akan mewakafkan sawahnya semoga terketuk hatinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive Loning News

Followers Loning News