Haul, sebuah tradisi di Dusun Kedemungan Desa Loning

Meminjam istilah Haul dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Haul berarti sebagai berikut :
Arti Haul silakan :
haul 3 /ha·ul / n peringatan hari wafat seseorang yg diadakan setahun sekali (biasanya disertai selamatan arwah): semua keluarga diundang untuk menghadiri -- mendiang neneknya.
Tradisi Haul di Dusun Kedemungan Desa Loning diadakan oleh anggota masyarakat untuk memperingati wafatnya anggota keluarganya, baik orang tua, anak maupun saudara.

Waktu Haul biasanya malam hari sehabis shalat Isya, tetapi jika musim hujan biasanya diadakan pada sore hari.

Anggota masyarakat yang diundang untuk menghadiri haul berkisar 20 sampai 100 orang. Anggota masyarakat yang diundang sebagai bentuk rasa sosial dan kekeluargaan biasanya mengupayakan sekali untuk bisa hadir dalam acara tersebut, kecuali ada halangan untuk hadir. Kalau diprosentase kehadiran anggota masyarakat yang diundang diatas 90 %. Hal ini wajar sebab kehidupan di kampung kalau rasa kekeluargaan atau sosialnya tidak ada maka yang berlaku adalah sanksi sosial. Anggota masyarakat yang enggan menghadiri haul biasanya juga tidak dihadiri oleh anggota masyarakat jika memiliki hajat atau haul sendiri. Kan urusan jadi berabe kalau ada acara haul atau hajatan sedikit anggota masyarakat yang menghadiri.
Acara Haul silakan :
Sebelum acara haul dilaksanakan anggota keluarga biasanya ziarah ke makam anggota keluarga yang telah wafat yang dimakamkan di pemakaman makam dowo di Desa Loning untuk melakukan doa dan tahlil.
Adapun acara haul itu sendiri adalah doa dan tahlil, biasanya dipimpin oleh tokoh agama. Sudah menjadi tradisi masyarakat Dusun Kedemungan Desa Loning pada acara haul memberikan shodaqoh biasanya berupa makanan yang niat atas shodaqoh tersebut ganjaran atau pahalanya dikhususkan kepada almarhum atau almarhumah.

Acara Haul silakan :
Setelah acara haul selesai anggota  keluarga biasanya ziarah lagi ke makam anggota keluarga yang telah wafat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive Loning News

Followers Loning News